Puring (Codiaeum variegatum)

Puring (Codiaeum variegatum) merupakan tanaman asli Indonesia, tepatnya dari Kepulauan Maluku. Tanaman ini diminati sebagai tanaman hias karena keindahan daunnya. Daun Puring terkenal dengan bentuk yang bermacam-macam dan warna yang bermacam-macam pula. Kadangkala dalam satu pohon, warna yang timbul di daunnya bisa mencapai 4 warna bahkan lebih.

Dari Indonesia, Puring menyebar ke berbagai negara diantaranya Thailand yang banyak menghasilkan Puring varian baru atau puring hibridan yang mempunyai bentuk yang indah, Selain itu  di Florida banyak sekali dibiakkan puring varian baru yang dengan nama-nama berbau Amerika.

Di Indonesia, demam puring terjadi pada antara tahun 2009-2010 dimana sampai ada satu varian puring yang harganya sampai 100 Jutaan. Saat ini harga puring di pasaran mulai normal kecuali puring langka atau puring-puring mutasi.

Di ITTelkom, tanaman ini dapat dijumpai di sebelah Gedung B, dan di depan LC. Varian yang ada biasanya puring jet, puring kelabang, puring bor kuning, puring dari mini dan lain-lain. Pada jaman dahulu (sekarang pun masih), Puring di tanam di makam-makam atau di pinggir jalan.

Puring biasanya akan menghasilkan warna-warna yang cerah apabila mendapat paparan sinar matahari yang penuh. Sedangkan apabila ditanam di daerah yang teduh biasanya warnanya cenderung akan gelap.

Puring termasuk tanaman  cukup yang cukup bandel karena tahan terhadap kekeringan. Bahkan apabila terlalu banyak mendapat air, kadang puring merontokkan daunnya. Kelebihan dari Puring adalah kemampuannya untuk menyerap zat–zat polutan. Bersama dengan Sanseivera (lidah mertua), puring ditanam orang di pinggir jalan untuk mengurangi polusi.

Beberapa jenis puring juga digunakan sebagai lalapan, tapi bisa juga digunakan sebagai obat pencahar.

Perbanyakan puring sangat gampang, tinggal dipotes kemudian ditancapkan dalam tanah. Apabila ingin kepastian berhasilnya tinggi, maka puring bisa dicangkok.

Bunga puring tidak terlalu menarik, terdiri dari bunga betina dan jantan. Bunga puring jarang sekali berhasil menjadi buah, karena sangat jarang bunga jantan dan betina muncul bersamaan. Adanya bunga  jantan dan betina ini yang membuat Puring relatif mudah untuk disilangkan.

Jika berminat untuk melihat puring-puring indah, silahkan klik di http://galeripuring.multiply.com/ atau silahkan main ke rumah saya :)

Comments are closed.